4+ Makanan Penyebab Diabetes

Diabetes atau penyakit kencing manis tentu tidak asing. Ini ialah penyakit yang mengakibatkan kandungan gula darah condong tinggi.

Makanan Penyebab Diabetes

Jika dilewatkan, dapat berefek jelek buat kesehatan mata, saraf, ginjal atau organ badan yang lain.

Penyakit diabetes dapat dikarenakan oleh beberapa aspek. Diantaranya ialah makanan yang dikonsumsi keseharian.

Bicara mengenai makanan pemicu diabetes, apakah yang pertama-tama terbersit di pikiran Anda? Apa cuma makanan manis saja?

Nah, supaya tidak salah, berikut makanan yang sebetulnya dapat mencetuskan penyakit diabetes:

1. Karbohidrat tinggi.

Makanan yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi atau highly processed carbohydrates seperti roti tawar, pasta, makaroni, biskuit, buah kalengan, permen, serta sejenisnya dapat mencetuskan diabetes jika dikonsumsi terlalu berlebih.

Sebabnya ialah kandungan gula yang tinggi sekali dalam beberapa makanan itu.

2. Minuman mudah (soft drink).

Pada sebuah kaleng minuman mudah ada seputar 30 gr gula atau sama dengan 9 sendok teh gula. Jumlahnya itu pasti tinggi sekali.

Satu riset yang dikerjakan oleh American Diabetes Associationmenunjukkan jika resiko diabetes melitus bertambah 26 % pada mereka yang konsumsi 1–2 minuman mudah /hari.

3. Lemak jemu.

Tidak hanya dapat tingkatkan kandungan cholesterol, lemak jemu atau saturated fats dapat juga tingkatkan resiko diabetes. Lemak type ini terdapat banyak dalam susu tinggi lemak, keju olahan, mentega, selai kacang, serta daging yang berlemak.

4. Daging merah.

Daging merah tiada lemak memang tidak jadi masalah, sebab adalah sumber protein hewani yang baik. Akan tetapi, daging merah yang di proses seperti daging asap dalam burgeratau sosis memiliki kandungan tinggi garam serta punya potensi mengakibatkan diabetes.

Baca juga : Obat diabetes

Menurut American Journal of Clinical Nutrition, konsumsi daging merah yang sudah diolah dapat tingkatkan resiko diabetes melitus.

Walau makanan diatas dapat mengakibatkan diabetes atau kencing manis, bukan bermakna Anda mesti menghindarinya benar-benar.

Anda cuma mesti batasi konsumsinya supaya tidak terlalu berlebih. Janganlah lupa selalu untuk mengaplikasikan pola hidup sehat, dan olahraga dengan teratur serta teratur. Dengan begitu, resiko diabetes akan makin kecil atau bahkan juga hilang benar-benar.

Related Posts

About The Author

Add Comment