Cara Merawat Burung Selendang Biru

Cara Merawat Burung Selendang Biru – Burung kicau satu ini selain memiliki suara yang merdu juga memiliki penampilan yang menarik. Tidak heran burung yang masih masuk dalam keluarga burung Tledekan ini sangat diminati untuk burung peliharaan atau burung masteran.

Memiliki perawatan yang relatif mudah, suara selendang biru memiliki karakter, mental dan suara yang bagus untuk ditiru oleh burung lainnya. Bahkan, burung selendang biru muda bisa meniru suara burung lainnya dengan mudah. Namun, untuk mendapatkan burung selendang biru yang gacor, Anda membutuhkan perawatan harian yang tepat.

Burung Selendang Biru

cara merawat burung selendang biru

Berikut ini beberapa cara merawat burung selendang biru yang bisa dicontoh di rumah.

  • Rajin memandikan

Burung kecil berwarna biru ini termasuk burung yang aktif di pagi dan siang hari. Maka dari itu, Anda wajib memandikan burung di pagi hari. Hal ini bermanfaat untuk menyegarkan badan burung dan menghilangkan stress pada burung selendang biru muda. Anda bisa memandikan burung ini jam 7 pagi agar tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Anda bisa memandikan burung dengan disemprot dengan sprayer atau menggunakan wadah seperti kandang keramba.

  • Penjemuran

Setelah mandi, Anda bisa menjemur burung jenis Tledekan ini dibawah sinar matahari selama 1 – 2 jam. Tujuan penjemuran ini selain untuk mengeringkan bulu yang basah setelah mandi, juga membuat selendang biru mendapat udara segar dan vitamain dari sinar. Sebaiknya, tidak terlalu lama menjemur burung kicau ini agar kondisinya tetap fit dan tidak kepanasan.

  • Pakan

Setelah menjemur, Anda bisa mengangin-anginkan burung sejenak di teras. Setelah itu, beri pakan baru bisa berupa Voer dengan kroto. Anda juga bisa menambahkan pakan tambahan lain berupa jangkrik, ulat hongkong, cacing tanah dan lainnya. Berikan jangkrik 2-3 ekor saja setiap pagi dan sore agar stamina burung selendang biru tetap terjaga.

  • Pengkrodongan

Untuk burung yang masih tahap penjinakan atau burung selendang muda tangkapan alam, ada baiknya tetap dikrodong selama istirahat siang hari. Selama pengkrodongan, Anda bisa menyandingkan burung selendang biru dengan burung masteran juga bisa dengan suara mp3 seperti di cenayangkicau.com . Tujuannya agar burung lebih tenang dan mau meniru bunyi burung lain.

Related Posts

About The Author

Add Comment