Mengenal Alat Ekektromedik Dan Beberapa Contohnya

Apa yang anda lihat ketika anda berkunjung ke rumah sakit ? Selain melihat pasien dan tenaga medis, anda juga akan melihat banyak sekali alat – alat kesehatan atau alat medis di sana. Tahukah anda, ada 3 golongan alat medis yang wajib ada di rumah sakit. Apa itu, yaitu alat elektromedik, alat non elektromedik dan alat diagnostic in vitro.

contoh alat elektromedik

Alat Elektromedik yaitu alat kesehatan yang menggunakan tenaga listsrik dalam penggunaanya, sedangkan non elektromedik yaitu kebalikannya. Satu lagi, alat diagnostic in vitro yaitu alat yang memiliki fungsi khusus sebagai alat pendiagnosis penyakit. Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi beberapa contoh alat kesehatan yang tergolong ke dalam alat – alat elektromedik yang umumnya berada di rumah sakit dan klinik.

1. Alat Rekam Jantung (ECG)

ECG ( Electrocardiograph) sering disebut juga dengan alat rekam jantung. Yaitu alat yang digunakan untuk menganalisa kelainan jantung. ECG bekerja dengan cara menangkap sinyal listrik dari otot jantung dengan menggunakan elektroda yang ditempelkan ke dada pasien di posisi tertentu. Hasil rekam tersebut berupa sinyal listrik otot jantung yang digambarkan dalam grafik dengan karakter yang khas. Dari situ dokter dapat menganalisa apakah kondisi aritma jantung pasien bermasalah atau tidak.

2. Defibrillator

Kalau ECG adalah alat rekam jantung, defibrillator merupakan alat kejut jantung. Yaitu alat yang digunakan untuk menstimulus detak jantung ketika kondisi jantung kritis. Kondisi ini bisa disebabkan karena banyak hal diantaranya yaitu serangan jantung, tenggelam, kecelakaan dan lain sebagainya. Ada dua macam jenis defibrillator yang umum dipasaran yaitu AED (automated external defibrillator) dan defibrillator manual. Harga alat defibrillator cukup mahal, satu unit defibrillator buatan china bisa mencapai puluhan juga hingga ratusan juga rupiah

3. Lampu Operasi

Tadi kita sudah bahas apa yang dimaksud dengan alat elektromedik, yaitu alat yang penggunaanya dengan energi listrik. Termasuk juga lampu operasi, yaitu alat yang digunakan di ruang operasi. Lampu ini memiliki pencahayaan yang terang namun tidak membuat silau. Lampu ini sangat penting, karena digunakan untuk penerangan ketika tim dokter sedang melakukan operasi pada pasien.

Related Posts

About The Author

Add Comment