Iga Pasir Bromo Kuliner Wajib Saat Berwisata Gunung Bromo

Mi instan dengan segelas kopi, susu, atau teh hangat mungkin merupakan kuliner sederhana yang sangat mudah ditemui di Gunung Bromo sampai kadang wisatawan berpikir salah satu daftar wajib paket wisata malang dan sekitarnya tersebut tidak memiliki kuliner khas. Padahal, di Gunung Bromo terdapat beberapa kuliner legendaris yang tidak boleh terlewatkan.

Kuliner di bromo Iga Pasir

Iga Pasir

Iga Pasir Kuliner Olahan Iga Tanpa Pasir

Salah satu dari kuliner khas Gunung Bromo yang legendaris adalah iga pasir. Saat ini memang sudah mulai banyak yang menjajakannya, tetapi rasa paling otentik dari olahan iga pasir tentu berasal dari si pelopor tren olahan tersebut, yakni Rumah Makan Zahira yang terletak di lereng gunung dan tidak pernah sepi pengunjung.

Hal itu tidak terlepas dari konsistensi pengelola rumah makan untuk tetap menyajikan olahan iga pasir dengan rasa yang lezat dan sama sekali tidak berubah sejak hampir dua dekade lalu mulai dijual untuk konsumen. Meski bukan lagi dikelola oleh sang perintis, rasa yang tidak berubah tersebut membuat para pembeli merasa ketagihan.

Iga pasir sendiri merupakan olahan iga berkuah dengan bumbu yang kaya akan rempah-rempah. Kuahnya berwarna agak kehitaman sehingga mungkin sekilas tampak seperti rawon, tetapi memiliki cita rasa berbeda. Daging iganya juga tidak alot karena proses pemasakannya konon memakan waktu hampir setengah hari agar iga menjadi empuk dan mudah dikonsumsi.

Soal penamaan sendiri, hal tersebut tidak terlepas dari Gunung Bromo yang identik dengan lautan pasirnya sehingga pemilik kedai pun berinisatif memberikan embel-embel pasir pada menu olahan iga buatannya dengan harapan semakin cepat dikenal dan digemari oleh wisatawan, lokal maupun asing. Sebab itulah dinamai iga pasir dan strategi tersebut sukses besar.

Menikmati Kelezatan Iga Pasir Yang Membuat Ketagihan

Bagi wisatawan yang ingin mengeksplorasi Gunung Bromo berikut dengan kuliner khasnya seperti iga pasir, terutama untuk pertama kalinya, lebih baik menggunakan paket wisata agen perjalanan yaitu di https://wisatabromo.net karena biasanya kebutuhan makanan sudah termasuk dalam paket dan petugas yang akan menyiapkan beragam variasi makanan dari vendor terkenal sekitar tanpa wisatawan sendiri yang mengantre.

Related Posts

About The Author

Add Comment