Mau Cepat Kaya ? Yuk ! Budidaya Ulat Hongkong

Ulat Hongkong atau lebih sering dikenal bersama dengan Meal worm merupakan ulat berukuran 3-4 cm bersama dengan warna dominan kuning.

Para pencinta kicau mania tentu sudah paham faedah berasal dari ulat hongkong ini. Ya kandungan gizi ulat hongkong lumayan tinggi sehingga baik diberikan bagi burung peliharaan seperti pleci, cendet, murai, dll.

Tidak cuma itu ulat hongkong terhitung diminati penghobby ikan hias dan pemancing. Hal ini tentu saja jadi kesempatan usaha yang lumayan menjanjikan baik jadi usaha sampingan maupun usaha utama. Salah satu ikan hias yang sangat bahagia bersama dengan ulat hongkong ialah ikan arwana, ikan louhan, dan ikan oskar.

Baiklah tanpa berlama-lama aku bakal memberikan tips beternak ulat hongkong (UH) yang benar.

#Persiapan

Sebelum mengawali membudidayakan ulat hongkong perihal yang utama yang harus diperhatikan adalah bahan dan media.

Bahan yang dibutuhkan ialah bersifat kotak kayu ukuran 65*60 cm bersama dengan ketinggian 8 cm sedang media yang baik ialah polard gandum, namun dibeberapa lokasi polard gandum kesusahan dicari maka bisa diganti bersama dengan voer ayam atau dedak halus.

Setelah mempersiapkan kandang dan media maka perihal tersebut yang harus diperhatikan adalah pakan ulat hongkong. Pakan yang baik abgi UH adalah ampas paham + EM4 lalau dijemur sehingga tidak sangat basah. Apabila sangat basah dikhawatirkan bakal mendatangkan penyakit yang disebabkan oleh jamur dan patogen lainnya.

#Tahap Budidaya

Sekarang kita masuk kedalam tahap budidaya. (seruput pernah kopinya,, hehehee)

Pertama sebelum Jual Ulat HongkongĀ  masukkan bibit ulat hongkong kedalam kotak yang berisi polard gandum yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Ketinggian media polard gandum maks 2 cm saja, sedang bibit ulat kita bisa peroleh berasal dari toko burung. Untuk ukuran 65*60 cm bisa diisi kira-kira 1 kg bibit UH.

Kedua beri makan UH pagi hari pukul 08.00 – 10.00 dan malam 19.00-20.00. Pemberian pakan haruslah tertata sehingga tidak ada pakan menumpuk atau bersisa, tidak cuman itu bantuan pakan harus diselingi bersama dengan bantuan minum. Pemberian minum bisa dilakukan pada siang harinya.

Minum yang diberikan bisa bersifat sayuran seperti sawi, wortel, kentang, dan lain-lain cocok bersama dengan keiinginan anda, namun harus diperhatikan jangan sangat banyak memberikan sayuran sebab tidak baik bagi ulat. Ulat bakal ringan di serang penyakit dan mati.

Apabila ulat mati bersama dengan tanda-tanda bewarna kemerahan maka sudah bisa dipastikan penyebabnya adalah kelebihan pakan berair sedang ulat mati berwarna hitam diakibatkan kekurangan pakan dan media sangat kering. Ehh jangan lupa cuci pernah sayur yang bakal diberikan sebab dikhawatirkan memiliki kandungan pestisida, sesudah itu keringkan 5 menit dan berikan pada ulat hongkong.

Ulat Hongkong

Pemberian pakan / minum UH bersama dengan waluh kuning

Ketiga tahap pembelahan pupa. Biasanya sesudah lebih berasal dari 2 minggu ulat bakal berubah jadi pupa. Pada tahap ini pupa harus dipindahkan kedalam kotak atau wadah lainnya. Kotak bisa dibuat berasal dari karton padi atau jikalau mengidamkan simple bisa bersama dengan box plastik (ko5ak bersifat sementara).

Pada tahap ini pupa tidak harus diberi pakan sebab masa ini pupa tidak makan dan beraktifitas. Setelah 4-5 hari maka pupa bakal berubah jadi kumbang hongkong. Kumbang inilah yang bakalan membuahkan telur dan siap membuahkan anakan UH.

Keempat pemeliharaan kumbang hingga membuahkan anakan ulat. Setelah pupa berubah jadi kumbang diamkan pernah sepanjang 2 hari jangan segera dipindahkan sebab kumbang masih rentan kematian. Setelah 2 hari kumbang bakal berubah warna jadi coklat kehitaman pada waktu ini kumbang sudah bisa dipindahkan kedalam kotak kayu ukuran 60cm*65cm*8cm yang berisi media polard gandum .

Ukuran kotak ini bisa menampung 1000 kumbang hongkong. Pemeliharaan kumbang tidak jauh berbeda bersama dengan pemeliharaan UH, anda harus memeri pakan dan minum kumbang honkong cocok bersama dengan pemeliharaan ulat tadi.

Kelima pembelahan kumbang honkong. Pemisahan dilakukan sesudah kotak berumur 15 hari. Cara pembelahan yang baik adalah bersama dengan pemebrian pakan bersifat wortel atau walu kuning. caranya potong walu kuning memanjang lantas beri pada kumbang sesudah kumbang melekat pada waluh kuning angkat lantas pindahkan kedalam kotak yang baru. Begitulah selanjutnya hingga semua kumbang terpisah.

keenam perawatan kotak anakan yang berisi telur. Biasanya sesudah 15 hari telur dan anakan ulat sudah ada di dalam kotak, ukurannya sangat kecil. Perawatan kotak ini tidak jau beda bersama dengan perawatan ulat pertama tadi, sedikit harus diperhatikan kotak anakan ini sebaiknya diberi pakan sesudah berumur 15 hari, bantuan pakan serupa bersama dengan langkah diatas. Intinya jangan sangat basah.

Setelah kotak berumur 1,5 bulan anda bisa menyaring kotak bersama dengan obyek mengganti bersama dengan media yg baru sebab media sebelumnya sudah tidak baik digunakannlagi diakibatkan sudah dipenuhi kotoran ulat tidak cuman itu obyek kegiatan ini adalah untuk mensortir ulat yang masih kecil. Perbedaan pertumbuhan dan waktu membuat pertuumbuhan ulat tidak seragam maka berasal dari itu harus disortir sehingga ulat yg masih kecil bisa berkembang bersama dengan baik (tidak kalah bersama dengan ulat dewasa di dalam perebutan makanan.

Pelihara kotak hingga berumu 2,5-3 bln cocok keinginan anda, sesudah itu ulat sudah bisa dijual ke Toko Burung.

INGAT!! jangan lupa Jaga Kebersihan dan Buat pelindung kotak sehingga tidak dimangsa oleh cecak dan semut api.

Cukup sekian.
Semoga SUKSESS!!!
Apabila ada yang tidak paham silakan ditanya.
TERIMAKASIH!!

Related Posts

About The Author

Add Comment