Sejarah Kamera Obscura, Cikal Bakal Kamera Masa Kini

4acloserlook.com – Kamera Obscura adalah kamera pertama di dunia. Kamera Obscura berasal dari bahasa latin yang artinya ‘Dark Room’ atau dalam Bahasa Indonesianya ‘Ruangan Gelap’. Kamera Obscura ini yaitu key item dari game.Di dunia riil, kamera ini pertama kali dibikin sama soerang ilmuan asal Irak, Ibn al-Haytham. Meski prinsip kamera waktu jaman itu hasilnya belum bisa dicetak.

Perkembangan kamera ini terus berlanjut di tahun 1660, Robert Boyle dibantu Robert Hooke berhasil bikin kamera obscura jinjing yang ukurannya lebih kecil ketimbang kamera Obscura pertama ciptaan Al-Haytham yang ukuran gede. Gak cuman itu, di tahun 1685, Johann Zahn juga ikutan nyempurnain Kamera Obscura jadi portable. Kecuali itu juga ia manfaatin cermin dan lensa buat menfokuskan gambar.

kamera obscura

Gambar Kamera Obscura | via kamerakamera.net

Puncak perkembangan kamera ini makin berarti waktu Joseph Nicephore Niepce di tahun 1814 nyoba buat mencetak hasil dari kamera itu di sebuah lempengan pewter (logam lunak campuran) sama bitumen (semacam aspal). Waktu terkena sinar bitumen bakalan mengeras. Bagian yang gak mengeras dilarutkan. Bagian inilah yang jadi cikal bakal foto yang hingga kini masih tetep populer.

Gak berharap kalah juga, di 1836, Louis Jacques Daguerre atau yang hari ini jadi Google Doodle nyoba buat nyempurnain cara kerja cetak foto. Ia berhasil bikin sebuah lempengan tembaga jadi lebih peka terhadap sinar. Kerja itu di beri nama Daguerreotype.

Related Posts

About The Author

Add Comment