Tata Cara Ibadah Umroh Agar Sesuai Sunnah

Banyaknya penyelenggara ibadah Umroh yang sesuai sunnah (biro umroh sunnah) yang bersaing dengan memberikan tawaran paket umroh berbanderol murah perlu calon jamaah waspadai. Diharapkan para calon jamaah memahami mengapa banyak agen travel Umroh berani memberikan tarif murah bahkan tarif Umroh berada dibawah harga sewajarnya. Takutnya setelah Anda melakukan pelunasan pembayaran Umroh, Anda gagal melaksanakan Umroh karena uang pembayaran dibawa kabur agen, atau mungkin fasilitas yang disediakan tidak begitu lengkap. Sehingga harga paket pelaksanaan Umroh lebih murah alias terjangkau. Perlu juga Anda ketahui, bahwa umroh november tentunya tidak semurah umroh pada awal tahun seperti Februari, Maret dan seterusnya.

Lantas apakah Anda sudah paham tentang cara menjalankan Umroh setelah tiba di Mekkah? Sebenarnya untuk masalah tata cara ibadah Umroh sebelumnya sudah diberikan penjelasan dari pihak agen travel umroh, namun agar lebih jelasnya mari kita pahami tata caranya Umroh dibawah ini :

Tata Cara Ibadah Umroh Sesuai Sunnah

Pakailah pakaian ihram.

Jika berangkatnya dari Madinah, maka Miqot atau tempat berniat menunaikan Umroh-nya di Bir Ali. Kemudian para jamaah Umroh di bulan apapun khususnya umroh november juga melaksankan sholat ihram sebanyak 2 raka’at.

Menggunakan Pakaian Ihram

Setelah jamaah menggunakan pakaian ihram dan sudah berniat untuk menjalankan Umroh maka jamaah tidak diperbolehkan untuk memakai wangi-wangian, sikat gigi menggunakan odol, mandi menggunakan sabun, menggunakan peci atau lainnya selain hanya menggunakan pakaian ihram. Selain itu, jamaah juga dilarang untuk bersetubuh dengan pasutri hingga ibadah Umroh dinyatakan berakhir yaitu hingga acara pemotongan rambut (Tahallul).

• Membaca sebanyak-banyakya kalimat talbiyah.
• Setelah jamaah tiba di Masjidil Haram maka jamaah harus melaksanakan Thawaf dengan mengelilingi ka’bah tujuh kali. Sementara untuk berkeliling 1-3 kali putaran harus dengan lari kecil, sedangkan untuk putaran 4-7 kali bisa berjalan pada umumnya tanpa lari kecil.
• Setelah itu, jamaah di Makam Nabi Ibrahim harus melaksanakan sholat sebanyak 2 raka’at.
• Dilanjut dengan menjalankan Sa’i yang dimulai dari Shofa menuju Marwah.
• Melaksanakan Tahallul yakni proses pencukuran rambut baik sebagian maupun sepenuhnya.
Itulah sekilas pembahasan tentang paket umroh dan tata cara pelaksanaannya. Semoga bermanfaat!a

Related Posts

About The Author

Add Comment