Tips Dan Trik Mengerjakan Esai Ielts Writing Task

ielts writing task merupakan salah satu bagian yang harus dilalui dalam tes IELTS. Tes ini biasanya dilakukan saat seseorang akan menempuh jenjang pendidikan perguruan tinggi baik dalam negeri maupun luar negeri. Ada 2 jenis tes IELTS yaitu general training dan academic test. Ada beberapa tips dan trik yang perlu dipahami ketika mengerjakan esai ielts writing task. Berikut ulasan singkatnya.

Menganalisa topik
Menganalisa topik adalah hal pertama yang harus dilakukan ketika akan menulis sebuah esai. Topik dan isi akan sangat mempengaruhi hasil akhir. Jika isi dari tulisan yang dibuat menyimpang dari topik maka hal tersebut akan berakibat fatal pada hasil akhir. Setelah memahami topik yang diinginkan, luangkanlah waktu selama 5 menit untuk membuat kerangka tulisan. Langkah ini disebut planning. Buatlah poin-poin tentang materi yang akan ditulis di dalam esai.
Anda juga perlu membaca dan memahami petunjuk soal yang ada secara jelas. Tujuannya adalah agar tulisan yang dibuat mampu mencakup atau menjawab semua poin yang ada di dalam petunjuk. Pastikan Anda tidak melewatkan poin apapun.

Menjelaskan tujuan esai pada bagian pembuka
Seperti halnya karya ilmiah, Anda juga perlu menjelaskan tujuan ditulisnya esai tersebut pada bagian pembuka. Gunakanlah parafrase dari perbendaharaan kata yang dimiliki. Proses parafrase dalam esai sendiri memiliki pengertian proses penggunaan sinonim untuk merubah struktur kalimat namun dengan makna yang sama.

Dalam mengerjakan ielts writing task, Anda juga harus menentukan berapa banyak paragraf yang akan ditulis. Minimal harus ada 4 paragraf yang terdiri dari 1 paragraf pembuka, 2 paragraf isi dan 1 paragraf penutup. Seharusnya hal ini sudah dikerjakan ketika Anda membuat kerangka tulisan. Tujuannya adalah agar Anda lebih mudah memetakan dan menentukan isi tulisan yang akan dibuat

Mengembangkan kalimat utama di setiap paragraf
Setiap paragraf biasanya akan diawali atau diakhiri dengan sebuah kalimat utama. Kalimat utama merupakan wujud dari gagasan pokok dalam satu paragraf. Dalam hal ini Anda perlu berlatih untuk mengembangkan ide. Seperti misalnya, dalam satu paragraf Anda akan mengemukakan suatu argumen atau pendapat. Anda dapat mengembangkannya dengan menuliskan alasan Anda mengeluarkan pendapat tersebut dan contoh konkrit dari penjelasan yang diberikan. Untuk mencapai 250 kata diperlukan proses berlatih pengembangan ide yang cukup giat.

Terakhir, pada bagian paragraf penutup Anda tidak perlu lagi mengembangkan ide. Tugas Anda adalah meringkas tulisan yang sudah dibuat dan menyimpulkan isinya. Usahakan semua maksud dari tulisan Anda sudah teringkas secara jelas pada bagian paragraf terakhir. Kurangi menggunakan bahasa yang bersifat pribadi dan tonjolkan sisi objektifitas. Hal ini akan memudahkan Anda dalam mengerjakan soal esai di ielts writing task.

Related Posts

About The Author

Add Comment