Tips Merawat Mesin Genset Yanmar

Tips Merawat Mesin Genset Yanmar – Bagi sebagian besar orang, genset merupakan salah satu alat yang sangat dominan digunakan untuk membantu menyediakan listrik tambahan guna mencukupi kebutuhan listrik di rumah, kantor, industri, pabrik dan lain – lain. Ada banyak pilihan genset yang siap menanti Anda, salah satunya adalah genset yanmar. Anda disarankan untuk mengetahui juga harga jual genset yanmar 50 KVA.

Tips Merawat Mesin Genset Yanmar

Genset Yanmar telah terbukti kualitasnya yang bagus dan tahan lama. Genset tersebut juga tersedia di beberapa kota seperti di Surabaya. Anda dapat mensurvei harga di agen genset yanmar di berbagai toko maupun distributor resmi genset. Anda dapat mencari referensi terlebih dahulu sebelum membeli genset. Anda juga harus tahu bagaimana cara merawat genset agar tetap awet.

Tips Merawat Genset dengan Baik dan Benar

Berikut ini merupakan beberapa tips untuk merawat genset agar tahan lama:

Anda disarankan untuk meletakkan genset pada daerah yang kering

Anda disarankan agar tidak meletakkan genset sembarangan, mengapa? Hal ini dikarenakan apabila genset sering terkena sinar matahari maupun terkena air dapat menyebabkan genset cepat rusak.

Selalu memelihara kebersihan genset

Untuk menjaga agar genset Anda awet dan tahan lama adalah dengan rutin membersihkan genset terutama pada bagian radiator. Adanya debu, kotoran, air dan lainnya yang menumpuk pada genset dapat mengganggu kinerja dari genset sehingga genset mudah rusak.

Anda disarankan untuk mengganti spare part yang telah aus

Tujuan penggantian spare part adalah untuk menjaga agar genset dapat bekerja secara optimal. Apabila tidak diganti spare partnya dapat berpengaruh terhadap kerusakan bagian genset lainnya. Oleh karena itu, Anda harus memberikan perhatian lebih agar genset dapat terawat dengan baik.

Menjaga agar sirkulasi udara lancar

Saat Anda menggunakan genset di dalam ruangan maka disarankan agar sirkulasi udara di ruangan tersebut baik. Tujuannya adalah untuk membuat genset tidak mudah panas.

Mengikuti aturan saat menggunakan genset

Anda dapat membaca petunjuk terlebih dahulu sebelum menjalankan genset agar mencegah terjadinya kerusakan akibat salah saat menyalakan genset.

Anda disarankan untuk mematikan mesin genset apabila ada hal yang tidak sesuai, contohnya adalah munculnya suara yang terlalu bising ataupun mesin bergetar secara berlebihan.

Merawat kabel instrumen pada genset

Kabel pada genset memiliki peran penting saat genset dinyalakan. Adanya masalah pada kabel seperti kabel putus dapat menghambat kinerja genset sehingga genset tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Memeriksa bahan bakar

Bahan bakar adalah aspek terpenting yang mendukung genset untuk dapat dinyalakan. Oleh karena itu, sebelum genset dinyalakan periksalah bahan bakarnya agar jangan sampai bahan bakar kering. Hal ini sangat berbahaya kalau bahan bakar kering karena mesin genset akan mudah rusak.

Mengecek oli secara rutin

Oli berfungsi sebagai pelumas, Anda dianjurkan untuk mengganti oli saat oli sudah berwarna hitam, keruh atau jumlah oli pada mesin genset sudah berkurang. Hal ini bertujuan untuk menjaga mesin genset Anda agar awet dan tahan lama

About The Author

Add Comment