Usaha Sedot Tinja, Janganlah Pandang Sebelah Mata

4acloserlook.com, – Ledakan dari septik tank terdengar kencang memekakkan telinga. Bersamaan ledakan, muncratlah cairan kuning kehitaman dengan berbau yang menusuk. Taufik (30) tidak sudah sempat menghindar. Tinja dari pembuangan toko Alfamart itu tentang badan Taufik.

Musibah di pertengahan 2009 itu berlangsung saat Taufik serta seseorang temannya tengah mengisap tinja di septik tank Alfamart Utan Panjang, Jakarta Pusat. Sang client menyalahkan WC mampat di toko waralaba itu. Sebab mampatnya cukuplah kronis, Tofik
merekomendasikan menggerakkan dengan angin untuk menangani sumbatan di aliran pembuangan. Akan tetapi sayang, penutup tanki tidak dapat menyeimbangi desakan hawa. Blaar! Penutup septik tank jebol serta kotoran juga berhamburan sebab tersembur angin.

“Saat itu kotoran luber kemana saja sampai ke depan toko. Sangat terpaksa pemiliknya tutup toko sebab begitu kotor serta berbau,” jelas Taufik waktu berbincang-bincang
dengan detikcom, Rabu (16/6/2010).

Walau Taufik belepotan tinja, ia tidak terasa jijik. Menurut dia, hal itu telah jadi resiko menjadi petugas penyedot tinja. “Kami seringkali alami peristiwa itu, terpenting kebocoran selang penyedot tinja. Tetapi ingin katakan apalagi. Itu telah resiko pekerjaan,” katanya.

Bapak satu orang anak ini menjelaskan, telah 10 tahun jadi tukang penyedot tinja. Dengan mobil tangki memiliki 4.000 liter punya bosnya, Taufik melayani layanan sedot tinja di lokasi Jakarta Pusat. Order yang didapatkan Taufik, tidak hanya dari customer langsung, ikut dari Dinas Kebersihan DKI Jakarta.

“Kami ini dapat disebut menjadi relasi Dinas Kebersihan DKI Jakarta. Tetapi tidak hanya mengatasi order dari dinas kami ikut melayani oreder perseorangan atau perusahaan,” papar Taufik.

Untuk layanan penyedotan tinja itu, Taufik membanderol tarif sekitar Rp 300.000-800.000. Besar kecinya tarif layanan sedot tinja itu ikut bergantung kapaitas kotoran yang dihisap dan jarak tempuh ke tempat. Sekalinya bertarif cukup, kata Taufik, layanan sedot tinja ini tidak menentu pendapatannya. Kembali juga ia mesti setor pada pemilik mobil Rp 200 ribu /hari. Jika satu hari tidak ada order jadi Tofik mesti nombok setoran. Meskipun begitu, Taufik terasa bersukur. Dengan jadi tukang sedot tinja, sekurang-kurangnya dapurnya masih tetap dapat mengebul. Diluar itu, ia dapat juga membayar sewa kontrakan tempat tinggalnya yang terdapat di lokasi Kalisari, Jakarta Timur.

Sesaat tukang sedot tinja lainnya, Iskandar (42), justru telah hidup berkecukupan. Iskandar yang telah 17 tahun jadi tukang sedot tinja di Cibubur serta sekelilingnya ini, terasa usaha sedot kotoran manusia ialah usaha mengundang selera. Iskandar sekarang telah miliki 5 armada mobil sedot tinja memiliki 5.000 liter. Walau sebenarnya, kenang Iskandar, ia cuma miliki satu armada saat mengawali usaha layanan ini.

“Bisnis semacam ini sebetulnya cukup. Walau keliatannya kotor tetapi akhirnya cukup besar, sebab jarang yang bermain dalam usaha ini,” tutur Iskandar waktu terlibat perbincangan dengan detikcom.

Usaha sedot tinja yang dikerjakan Iskandar biasanya melayani lokasi perumahan elit dan pertokoan di lokasi Cibubur. Sebab umumnya melayani lokasi perumahan tarif yang dibanderol Iskandar ikut relatif murah. Ia membanderol harga Rp 200.000-500.000, bergantung jumlahnya kotoran yang dihisap. Keinginan layanan sedot tinja itu memang tidak teratur alias musiman. Karena tidak tiap-tiap bulan rumah-rumah atau kantor minta dihisap WC-nya.

“Rutinnya jika rumah yang telah sekali dihisap umumnya tiga bulan selanjutnya akan penuh kembali. Jadi tiap-tiap rumah berlangganan kami umumnya menyebut tiap-tiap 3 bulan sekali,” tuturnya.

Kapsitas septik tank di tiap-tiap perumahan, kata Iskandar, ikut bergantung skema makan pemilik rumah. Bila mereka seringkali mengonsumsi makanan yang berlemak atau berminyak umumnya pas penampungan akan gampang penuh, karena kotorannya banyak terkandung minyak hingga menutupi pori-pori tanah. Demikian sebaliknya bila penghuni semakin banyak makan sayur serta olahan fresh yang organik, septik tank tidak cepat penuh. Tidak hanya skema makanan, tempat perumahan ikut memengaruhi. Bila rumah ada di dataran tinggi, tinja lebih lama penuhi septik tank.

“Kalau di dataran rendah biasanya 15 tahun sesudah septik tank dibuat akan penuh. Tetapi jika di dataran tinggi dapat 20 tahun baru penuh,” pungkas Iskandar.

Related Posts

About The Author

Add Comment